Cotton Combed 20s 24s 30s 40s untuk Kaos

Cotton Combed 20s 24s 30s 40s untuk Kaos

Cotton combed 20s 24s 30s 40s untuk kaos – Cotton Combed adalah salah satu jenis produk tekstil yang berbahan dasar serat kapas (cotton). Selain cotton combed, produk tekstil lain yang menggunakan bahan dasar serat kapas/katun adalah Cotton Carded. Perbedaan yang paling mencolok antara cotton combed dan carded adalah tekstur serat benang yang digunakan dan permukaan kainnya. Cotton carded menggunakan serat benang kapas yang kurang rata dan kurang halus sehingga permukaan produk kainnya terasa agak kasar dan keras, kain ini biasanya digunakan untuk membuat kaos dengan jumlah massal berharga murah yang biasa dijual di pedagang kaki lima. Nah, kalau cotton combed menggunakan serat benang kapas yang rata dan halus sehingga produk kainnya memiliki permukaan yang lembut dan tekstur yang halus. Cotton combed biasa digunakan untuk membuat kaos distro dengan segmen pasar yang sedikit berbeda dengan kaos carded.

Secara umum bahan cotton combed dibagi menjadi 4 bagian berdasarkan ketebalan kain (gramasi kain) yaitu combed 20s, combed 24s, combed 30s, dan combed 40s. Pembagian ketebalan bahan combed bisa diilustrasikan dengan gambar berikut :

COMBED 20S
Combed 20S adalah jenis kain combed yang paling tebal dengan gramasi 190-210. Kain yang tebal ini populer diawal-awal distro bandung mulai tumbuh pada awal tahun 90an sampai awal tahun 2000an. Sekarang peminat kaos tebal ini semakin berkurang dan hanya digemari oleh segelintir kelompok seperti militer.

COMBED 24S
Combed 24s sedikit lebih tipis dibandingkan dengan combed 20s. Ketebalan combed 24S bisa dikategorikan sebagai kain dengan tebal sedang karena ketebalannya ada diantara 20s dan 30s. Sekarang kain ini banyak digunakan oleh merk-merk clothing untuk kaos dengan ukuran sablon yang cukup besar. Ketebalan 24s menjadi penyeimbang untuk desain sablon dengan ukuran besar yang relatif berat.

COMBED 30S
Combed 30s berada di kategori tipis sedang. Kain 30s tidak disebut tipis karena ada yang lebih tipis yaitu combed 40s. Dewasa ini combed 30s disukai sebagian besar anak muda karena tidak terlalu tebal dan juga tidak terlalu tipis. Iklim di sebagian besar wilayah Indonesia yang lebih panas dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya bisa jadi membuat combed 30s digemari anak muda jaman sekarang.

COMBED 40S
Combed 40s adalah kain combed yang paling tipis. Pengaruh iklim juga menjadikan combed 40s populer di kalangan anak muda, terutama di Jakarta. Combed yang tipis ini umumnya dipakai untuk kaos polos agar penampilan terlihat kasual dan santai disamping untuk menghindari cuaca yang panas.

Itulah sekilas tentang bahan cotton combed yang biasa digunakan untuk pembuatan kaos clothing dan distro. Katun combed mana kesukaanmu? Temukan produk ADRO TEXTILE yang sesuai dengan gayamu! 🙂